SEKILAS INFO
: - Selasa, 04-10-2022
  • 1 tahun yang lalu / Selamat Memperingati Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad Shallahu’alaihi Wassalam
  • 1 tahun yang lalu / Website Dalam Proses Develop (80%)
Peraih prestasi : LA ROSSA EL SALSABILA
LA ROSSA EL SALSABILA, SISWI SMAN 8 TAMBUN SELATAN YANG TERPILIH SEBAGAI DUTA HUKUM  DAN HAM JAWA BARAT

Salah seorang siswa SMAN 8 Tambun Selatan, Kab. Bekasi, Cadisdik Wil III Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat terpilih menjadi Duta Hukum dan HAM Jawa Barat Tahun 2020. La Rossa merupakan salah satu dari Duta Hukum dan HAM SMAN 8 Tambun Selatan yang berhasil menempuh pendidikan dan penugasan sebagai Duta Hukum dan HAM hingga tingkat Provinsi Jawa Barat.

Adapun Duta Hukum dan HAM yang terpilih di tingkat SMA, dari SMAN 8 Tambun Selatan adalah:

  1. La Rosa El Salsabila
  2. Akmal Firmansyah
  3. Mia Amelia

Mereka ditempa melalui seleksi Duta Hukum dan HAM yang berlangsung pada bulan November 2020 hingga Agustus 2021. Menempuh 155 SKS Pembelajaran dan Assesmen sebagai Duta Hukum dan HAM Provinsi Jawa Barat. Dari ketiga siswa tersebut, La Rossa meraih nilai tertinggi sebagai Duta Hukum dan HAM Provinsi Jawa Barat dengan 996 dari 16 Assesmen yang dinilai meliputi:

  1. Keterampilan Menulis dan Literasi
  2. Komunikasi Publik
  3. Kepekaan Diri dan Sosial (Pelajar Saling Berbagi)
  4. Kepribadian
  5. Kepemimpinan
  6. Praktik Kepemimpinan
  7. Materi Muatan Peraturan Perundang-Undangan
  8. Proses Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan
  9. Sejarah Perkembangan Pemenuhan Hak Asasi Manusia
  10. Instrumen Hukum Nasional Hak Asasi Manusia
  11. Kewajiban dan Tanggung Jawab Pemerintah dalam Penegakan HAM
  12. Perlindungan Anak Secara Umum dan Menurut UU No. 23 Tahun 2002
  13. Hak dan Kewajiban Anak Menurut UU No. 23 Tahun 2002
  14. Penghapusan Perdagangan Orang
  15. Pengembangan Nilai-Nilai Karakter/Pendidikan Karakter di Masa Pandemi Covid-19
  16. Sistem Informasi Hukum

Untuk selanjutnya misi para Duta Hukum-HAM dan Pengurus  Forum Pelajar Sadar Hukum-HAM (FPSH-HAM) se Jawa Barat hendaknya  mampu menjadi Teladan dalam berbagai aktivitas  dalam kehidupan baik  dilingkungan sekolah, keluarga  maupun masyarakat. Demikian disampaikan Tim Pembina Kesadaran Hukum-HAM Jawa Barat Hasbullah Fudail (selaku Kabid Hak Asasi Manusia Kementerian Hukum-HAM Kanwil Jawa Barat) pada acara Silaturahmi dan Penguatan Kesadaran Hukum-HAM bagi para Duta Hukum-HAM dan Pengurus FPSH-HAM di Kabupaten dan Kota  Sukabumi, Sabtu, 31 Agustus 2019.

Untuk menjadi teladan di lingkungan pendidikan dan masyarakat minimal para Duta Hukum dan HAM memiliki sikap sebagai berikut:

1. Mempunyai Prestasi Akademk di atas rata-rata.

Sebagai seorang yang sedang menenpuh pendidikan baik di SMA,SMK,MA sederajat maupun di perguruan Tinggi, maka para Duta Hukum-HAM dan Pengurus FPSH-HAM  harus mampu  menunjukkan keteladanan  dibidang pendidikan  dengan memperoleh  nilai akdemik (Rapor maupun Indeks Prestasi Kumulatif)  diatas rata-rata . Tidak  boleh ada alasan pembenaran  bahwa  karena lagi sibuk dengan tugas di Duta maupun Pengurus lalu prestasi akademiknya. Dengan menjadi Duta dan Pengurus bahkan diharapkan bisa mempunyai  nilai akademik yang terbaik, sehingga para pelajar dan mahassiswa  lainnya diharapkan bergabung  dan Forum ini.

2. Bersipat kritis yang rasional

Kritis yang bersipat rasional  adalah ciri identitas yang harus dibangun dan dimiliki oleh para Duta  dan pengurus FPSH-HAM se Jawa Barat. Untuk memiliki  sipat yang kritis dan rasional maka pembekalan lewat pendidikan di sekolah dan kampus ditambah aktivitas di organisasi  diharapkan mampu  memberi  kontribusi kepada para Duta dan Pengurus  untuk menyampaikan  pikiran maupun pendapatnya  secara  kritis dan rasional.

3. Berkomunikasi secara baik dan sopan

Sebagai pelajar dan calon pemimpin masa depan maka  para Duta Hukum-HAM dan Pengurus  harus mampu berkomunikasi secra baik dan sopan. Komunikasi yang baik akan mampu untuk meyakinkan  orang lain untuk bergabung ataupun mengikuti  ide-ide  yang disampaikan, tanpa komunikasi yang baik maka berbagai tujuan mulai dari suatu organisasi  akan hanya menjadi dokumen administrasi  yang tersimpang didalam laci atau lemari kantor.

4. Berinisiatif , Kreatif dan selalu inovasi

Untuk  membangun masa depan  generasi muda khususnya pelajar/mahasiswa  yang lebih maju  dan beradab  maka diperlukan  inisiatif   dan selalu  inovasi. Inisiatif menyangkut kemampuan untuk melakukan sesuatu dengan tindakan atau perbuatan  secara mandiri maupun berkelompok, sementara inovasi menyangkut  kemampuan untuk selalu menciptakan atau melakukan perubahan  terhadap sesuatu cara atau kebiasaan untuk menuju yang lebih baik.

5. Mampu Berkolaborasi dengan berbagai pihak

Organisasi  yang  mempunyai visi besar harus  mampu  untuk melakukan kolaborasi dengan berbagai  pihak  untuk saling mensukseskan  pencapaian tujuan dari masing-masing organisasi/institusi. Kolaborasi menjadi  trend dan kebutuhan suatu organisasi agar  bisa berkembang secara cepat dan mempunyai jangkauan yang luas terutama untuk membawa perubahan  pola pikir dan  prilaku manusia khususnya pelajar dan mahasiswa.

Duta Hukum dan HAM dari kalangan pelajar SMA/SMK/SLB sederajat dan mahasiswa se-Jawa Barat tahun 2020 total ada 1200 orang dan dari SMA di Tambun Selatan berjumlah 11 siswa.

Tentang Kami

SMAN 8 Tambun Selatan
NPSN : 69982031

Alamat: Jl. Sasak Bakar Utama RT / RW : 2 / 13, Desa Muktiwari
Telp: 081382026444
Email: sman8.tamsel@gmail.com
Instagram: @sman8ts
Youtube: SMAN 8 TAMSEL

Didukung Oleh

Logo Prov Jawa Barat

Cabang Dinas Pendidikan Wil. III
Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat